Skip to main content

NASEHAT DARI KYAI SEPUH (Alm)

Oleh: Nashrul Mukmin


- Ngomong apik iku iyo uwis apik
(Bicara baik itu juga sdh baik)

- Nanging luwih apik bisa tumindak apik tinimbang mung sadermo bisa ngomong apik.
(Namun lebih baik bisa melakukan kebaikan daripada hanya sekedar bisa bicara baik)

- Sebab yen mung sadermo bisa ngomong apik nanging ora bisa tumindak apik, iku dadine yo ora apik.
(Karena kalau hanya sekedar bisa bicara baik namun tidak bisa melakukan kebaikan, maka jadinya juga tidak baik)

- Mulo saka iku , ayo sedulur bareng bareng belajar bisa ngelakoni sekabehane keapikan kang wus padha kita wicara.
(Maka dari itu, mari suadaraku sekalian bersama-sama belajar utk bisa melaksanakan seluruh kebaikan yg sdh pernah kita bicarakan (ucapkan).

Popular posts from this blog

M A N A Q I B

Oleh: Nashrul Mukmin Pengertian Manaqib: Secara bahasa manaqib berarti meneliti,menggali.Secara istilah di artikan sebagai riwayat hidup seseorang yang berisikan tentang budi pekertinya yang terpuji,akhlaknya yang mulia,karomahnya dan selainnya yang patut di jadikan sebagai bahan pelajaran/suri tauladan. Maksud dari manaqiban diantarnya adalah bertujuan untuk tawasul,tabaruk,mengenal orang-orang shalih dan untuk lebih mencintanya. Dalil-dalil Manaqib: Manaqib itu banyak terdapat dalam al-Quran,semisal manaqibnya Ashabul Kahfi,Raja Dzulqurnain,Sayyidatuna Maryam,Sayyidina Luqmanul Hakim dan lain sebagainya. Dalil Manaqib Adapun dalil yang digunakan hujjah untuk memperbolehkan praktek manaqib yaitu sebuah hadits yang terdapat dalam kitab Bughyat al-Mustarsyidin halaman 97:  ﻭَﻗَﺪْ ﻭَﺭَﺩَ ﻓِﻲ ﺍْﻟَﺎﺛَﺮِ ﻋَﻦْ ﺳَﻴِّﺪِ ﺍﻟْﺒَﺸَﺮِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍَﻧَّﻪُ ﻗﺎَﻝَ : ﻣَﻦْ ﻭَﺭَّﺥَ ﻣُﺆْﻣِﻨﺎَ ﻓَﻜَﺄَﻧﻤَّﺎَ ﺍَﺣْﻴﺎَﻩُ ﻭَﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺗﺎَﺭِﻳْﺨَﻪُ ﻓَﻜَﺄَﻧﻤَّﺎَ ﺯَﺍﺭَﻩُ ﻓَﻘَﺪْ ﺍﺳْﺘً

Istilah-istilah Dalam Madzhab Syafi'iyah

Mengenal istilah qaul atau pendapat ulama' madzhab Syafi'i Ini adalah metode Imam Nawawi tentang pendapat- pendapat (qoul, wajah) dari ulama yang bermadzhab Syafi’i dan cara memprioritaskannya. Beliau Imam Nawawi mengistilahkan pendapat Imam Syafi’i dengan kata- kata Qoul/Aqwal. Dan pendapat ulama yang mengikuti madzhab Syafi’i dengan kata- kata Wajah/Awjuh. Sedangkan perbedaan periwayatan madzhab lain yang diakomodir ke madzhab Syafi’i di istilahkan dengan Thoriq/Thuruq. Jadi kesimpulannya: - Qoul / Aqwal : Pendapat Imam Syafi’i - Wajah / Awjuh : Pendapat ulama Syafi’iyyah yang berlandaskan kaidah dan metode ushul fiqh Imam Syafi’i. - Thoriq / Thuruq : perbedaan periwayatan madzhab lain yang diakomodir ke madzhab Syafi’i (Red. memasukkan pendapat madzhab lain ke madzhab Syafi’i) Catatan redaksi: Dalam Bahasa Indonesia Qoul / Aqwal, Wajah / Awjuh dan Thoriq / Thuruq mempunyai satu arti yakni: pendapat. Al Adzhar (الأظهر) : Pendapat paling kuat berda

Salah Memahami Hadits al-Jariyah

Jangan Salah Memahami Hadits al-Jariyah!!! Fatal Akibatnya. Oleh : Nashrul Mukmin Kaum Wahhabiyyah Seringkali Menyelewengkan Makna Hadits Ini!!Ada sebuah hadits yang dikenal dengan Hadits al-Jariyah, hadits tentang seorang budak perempuan yang dihadapkan kepada Rasulullah. Hadits ini diriwayatkan oleh al-Imam Muslim; bahwa seorang sahabat datang menghadap Rasulullah menanyakan prihal budak perempuan yang dimilikinya, ia berkata: “Wahai Rasulullah, tidakkah aku merdekakan saja?”. Rasulullah berkata: “ Datangkanlah budak perempuan tersebut kepadaku” . Setelah budak perempuan tersebut didatangkan, Rasulullah bertanya kepadanya: “Aina Allah?” . Budak tersebut menjawab: “Fi as-sama ’ ” . Rasulullah bertanya: “Siapakah aku?” . Budak menjawab: “Engkau Rasulullah” . Lalu Rasulullah berkata (kepada pemiliknya): “Merdekakanlah budak ini, sesungguhnya ia seorang yang beriman” . (HR. Muslim) Pemahaman hadits ini bukan berarti bahwa Allah bertempat di langit seperti yang dipahami oleh k